Mengenal 4 Deskripsi Pekerjaan Pada Web Development

Perkembangan dunia digital saat ini membuat banyak lapangan pekerjaan baru muncul di bidang tersebut. Salah satunya adalah Web Development. Website menjadi salah satu platform penyedia informasi yang setiap hari diakses. Sehingga menjadi web developer bisa menjadi pilihan karir anda. Berikut adalah sekilas informasi tentang Web Developer jakarta.

Case Studies | WEBARQ

4 Tanggung Jawab dan Pekerjaan Web Developer

  1. Mendesain Website

Pada dasarnya tugas utama seorang web developer adalah membuat website atau situs. Proses pembuatan website ini akan membutuhkan berbagai bahasa pemrograman. Namun tugas seorang web developer juga masih akan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan kebutuhan. Beberapa diantaranya adalah frontend, backend, dan database.

Pembagian tugas masing masing web developer tersebut antara lain seperti bagian Frontend yang bertanggug jawab pada bagian depan tampilan web. Kemudian bagian backend yang bertanggung jawab dengan kinerja web pada bagian pendukung mesin. Lalu bagian database yang akan bertanggung jawab dalam membuat dan mengolah data.

  1. Perencanaan Pembuatan Website

Salah satu tugas web development lainnya adalah melakukan perencanaan website. Membuat rencana pengembangan website ini sangat penting agar situs yang dibuat berjalan lancar. Perencanaan yang dibuat ini akan menentukan semua kebijakan team web developer secara keseluruhan. Perencanan akan meliputi pengerjaan tampilan website hingga cara pengelolaan.

  1. Melakukan Uji Coba Website

Tugas seorang web developer tak hanya berhenti sampai disitu saja. Sebelum website diluncurkan maka tugas web developer selanjutnya adalah dengan melakukan uji coba. Proses ini sangat penting karena akan menjadi tolak ukur dan acuan informasi terkait tampilan website yang bisa diakses pengguna nantinya.

Melakukan uji coba ini biasanya akan dilakukan oleh bagian tim quality assurance dalam web development. Berbagai masalah dalam mengakses situs yang sudah dibuat akan dikaji dan dicari solusi tepatnya. Hal ini akan membuat website tersebut akan lebih sempurna sebelum diluncurkan. Dan juga akan mengurngi resiko adanya kendala sebelum diluncurkan.

  1. Mendesain dan Menguji Coba API

API atau Antarmuka pemrograman aplikasi adalah salah satu alat komunikasi yang digunakan dalam perangkat lunak. API juga digunakan sebagai tempat menyimpan dokumen yang merupakan isi dari website yang akan dibuat. API akan digunakan juga sebagai bentuk dokumentasi sehingga data website akan rapi.

API sangat berperan penting dalam proses pengembangan dan pengelolaan situs website. Sehingga akan sangat penting menempatkan seorang web development dalam posisi ini. Hal ini juga sebagai cara untuk meningkatkan kualitas situs website yang akan diluncurkan dan menjadi pusat database yang baik.

Dunia digital akan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Sehingga di jaman sekarang banyak lapangan pekerjaan yang berkecimpung di dunia digital. Lapangan pekerjaan baru ini juga terbuka untuk banyak kalangan muda yang lebih banyak menggunakan dunia digital untuk membantu kegiatan sehari harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *