Jaga Kesehatan Diri dan Keluarga, Ikuti 4 Tips Memilih Sabun Cuci Tangan Berikut!

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang termasuk paling rentan menjadi media menghantarkan kuman, bakteri, dan virus. Karena tangan digunakan untuk menyentuh berbagai benda di sekitar. Itulah kenapa anda harus rajin mencuci tangan untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. Namun sebaiknya jangan asal memilih sabun cuci tangan, ikuti tips berikut agar kerjanya lebih efektif.

Olaif Antibacterial Hand Soap | Sabun Cuci Tangan

Memilih Sabun yang Tepat untuk Cuci Tangan

  1. Jangan Lupa Baca Komposisi Produk

Bahan bahan yang digunakan untuk formulasi sabun, menjadi salah satu faktor penentu apakah sabun tersebut memang efektif atau tidak untuk membersihkan dan membunuh bakteri serta kuman yang menempel pada permukaan tangan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membaca komposisi produk terlebih dahulu saat membeli.

Dalam hal ini, sebaiknya pilih sabun yang memiliki kandungan surfaktan. Pasalnya kandungan tersebut mampu mengikat partikel seperti kotoran, minyak, bakteri, kuman, dan virus. Dimana jenis surfaktan yang umum digunakan pada produk untuk cuci tangan sendiri antara lain sodium laureth sulfate (SLES) atau sodium lauryl sulfate (SLS).

  1. Perhatikan Kandungan Alergen

Saat melihat komposisi produk sabun cuci tangan, jangan lewatkan untuk memperhatikan kandungan alergen. Karena beberapa orang mungkin saja mengalami ruam kulit setelah beberapa kali pemakaian suatu jenis sabun. Biasanya ruam akibat alergi ini akan mulai muncul pada 24 sampai 48 jam setelah melakukan kontak dengan sabun.

Dimana ruam kulit yang menyebabkan iritasi dan rasa sakit tersebut bahkan bisa bertahan sampai 4 minggu. Meskipun SLS dapat mengikat berbagai partikel, namun perlu diketahui bahwa kandungan ini juga kerap kali menjadi salah satu alergen. Selain SLS, ada juga coconut diethanolamide, paraben, dan bahan pemberi aroma pada sabun yang sering menjadi alergen.

  1. Jangan Hanya Melihat Warna dan Aroma

Sabun untuk cuci tangan, baik itu berbentuk batang maupun cair, biasanya diproduksi dalam berbagai aroma dan warna. Tidak sedikit orang yang ternyata memilih sabun dengan mempertimbangkan warna dan roma ini. Meskipun sebenarnya tidak salah, tapi alangkah lebih baik apabila anda lebih bijak dalam menentukannya.

Misalnya dengan memperhatikan lingkungan tempat sabun digunakan. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa orang mungkin tidak menyukai jenis aroma spesifik, jadi apabila digunakan di lingkungan umum sebaiknya pilih yang general atau tidak beraroma. Selain itu, berhati hatilah dengan warna sabun yang terlalu cerah dan warna warni. Karena dikhawatirkan menggunakan pewarna.

  1. Dirancang dengan Teknologi Mutakhir

Tips memilih sabun cuci tangan berikutnya yaitu pastikan produk tersebut dirancang menggunakan teknologi mutakhir. Karena teknologi mutakhir akan memastikan bahwa efektivitas kinerja sabun cuci memang bekerja dengan baik. Selain itu, perancangan yang memanfaatkan teknologi terkini lebih terjamin higienitasnya lantaran telah melewati tahap quality control berkali kali.

Bisa dibilang bahwa memilih sabun untuk cuci tangan ini sedikit tricky, gampang gampang sulit. Apalagi sudah banyak sekali produk serupa yang dipasarkan dan beredar secara luas. Oleh karena itu, anda bisa menerapkan beberapa tips di atas dan membeli produk sabun cuci melalui Olaif.

Lihat juga produk personal care lainnya dari Olaif !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *